Selasa, 26 Mei 2009

Musisi Masa Depan


Musisi Jalanan memang Sangat banyak bisa kita temuin d indonesia. apalagi di jakarta, bukan lagi angka puluhan yang bisa kita temui musisi jalanan yang ada tapi mgkn ratusan. tapi di antara mereka tidak semuanya yang bermusik dengan hati. gw mengklasifikasikan mereka berdasarkan beberapa tipe, yaitu :
1. tipe pertama dalah Musisi Jalanan yang hanya sekedar ingin mencari nafkah untuk dirinya atau jg untuk keluarganya, sehingga dia tidak bermusik dari hati atau bermusik sekedarnya saja yg penting mereka terlihat berusaha untuk kerja. uang adalah prioritas utamanya, bukan musik yang berasal dari hati. disini kalangan musisi ini lebih cenderung asal2an dalam bermusik atau bernyanyi nya.sehingga bisa kita sebut mereka sebagai "pengamen"
2. tipe kedua adalah tipe musisi yang bisa bermusik namun kurang dalam hal bernyanyi. tipe ini adalah tipe yang cenderung bermusik dengan benar namun pitchcontrol dalam bernyanyinya kurang.namun itu lebih manusiawi.
3.tipe ketiga adalah tipe yang bisa bernyanyi namun bermusik sekenannya saja. tipe ini lebih manusiawi lagi. karena tidak bisa bermusik itu memang wajar. namun bermusik itu bisa d latih kalo emg ada keseriusan.
4.tipe keempat adalah tipe terbaik yang pernah gw temui dari musisi jalanan. ini lah musisi sesungguhnya. mereka mencari nafkah bukan hanya asal2an. namun mereka bermusik dan bernyanyi dengan hati dan mereka jg bertujuan untuk menghibur orang2 yang memang berada di sekitarnya.inilah tipe terbaik yang bisa kita sebut musisi, walaupun masih hanya sebatas di jalanan.

yang menjadi sorotan gw kali ini adalah musisi jalanan tipe keempat. walaupun keterbatasan materi sehingga sedikit menghambat mreka untuk berkembang. namun sepertinya itu bukan suatu halangan yang berarti untuk mencurahkan segala kemampuan dan inspirasi dari mereka. gw cukup sering menemukan musisi jalanan seperti ini d banyak tempat. gw terkagum-kagum pada mereka karena sesungguhnya mungkin memang gw ga sehebat mereka. mreka dengan segala keterbatasannya bisa sehebat itu menjalani bidang musik. gw suka bingung dari manakah kemampuan mereka itu berasa?? bakatkah? atau dilatihkah?atau emg mereka latian sendiri?jika ada yang melatih, siapa sih orang yang bisa melatih hingga sebagus itu?

ketersimaan gw semakin memuncak ketika kemaren(26/05/2009) sepulang dari jalan2 sama pacar dan 1 sahabat gw, gw makan di satu tempat makan di pinggir jalan. tiba2 muncul 1 anak berumur di bawah 15 thn(mungkin) yang bermaksud ngamen d tempat itu dengan sebuah ukulele yang di genggamnya. bahkan gw awalnya hanya menganggap sama seperti pengamen2 kecil yang hanya asal2an aja yang penting dapet duit, jadi gw cuekin aja dan gw tinggal ngbrl. namun setelah dia memainkan ukulele sederhananya dan nyanyi lagu yang sebenernya memang gw kurang suka, gw mulai tercuri perhatian dengan cara iya memainkan musik dan bernyanyinya. ditambah dengan lagu kedua yang ia nyanyikan memang lagu kesukaan gw, semakinlah gw focus dengan nyanyiannya...and...guess what...dya bernyanyi dengan sangat sempurna. bahkan dia bernyanyi sudah memiliki vibra. dan improvisasi dalam bernyanyinya sangat2 gw acungin jempol...ga nyangka aja anak yang masih sekecil itu aja bisa bernyanyi dan memainkan musik dengan sangat baik. inilah yang mau gw sebut "MUSISI MASA DEPAN"

dengan pengalaman gw tadi, gw jadi terus dan terus berpikir klo gw ini aja g sehebat dya. gw salut banget sama tuh bocah...gw g bisa berenti muji dya karena emg buat gw dya itu Musisi Masa Depan. semoga aja nanti di masa depannya dya bisa konsisten d musik dan bisa berkembang.klo perlu ada produser kek gtu yang denger dya nanyi terus langsung di tawarin rekaman. terus ngetop deh...tapi jgn jadi sombong aja sih. gw secara g lgsg pasti ikut bangga deh...rasanya pengen kenal deh sama tuh anak...

Tidak ada komentar: